Saturday 20 November 2010

Ternyata Coklat itu Manis dan Bermanfaat

Sering Makan Coklat Menurunkan Risiko Jantung pada Wanita, Studi Menemukan
Kabar baik bagi perempuan yang mencintai cokelat: Sering makan coklat dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk aterosklerosis, serta rumah sakit dan kematian dini dari penyakit jantung atau gagal jantung.
Dilaporkan minggu ini dalam Archives of Internal Medicine, peneliti dari University of Pennsylvania membandingkan efek dari makan coklat bagi kesehatan jantung di antara lebih dari 1.200 perempuan tua. Menggunakan kuesioner diet, peneliti melihat seberapa sering para wanita makan coklat dan juga melihat gambar USG dari arteri karotid mereka untuk melihat apakah ada perubahan pada ketebalan arteri - indikasi dari aterosklerosis, suatu kondisi dimana arteri mengeras dan aliran darah menjadi terganggu.
Konsumsi coklat dibagi menjadi tiga kelompok: kurang dari satu porsi per minggu, antara satu dan enam porsi per minggu, dan tujuh atau lebih porsi per minggu atau makan coklat setiap hari. Satu porsi cokelat didefinisikan sebagai berat antara 25 dan 50 gram (0,9 dan 1,8 ons) dan mengandung antara 5% dan 15% dari berat kakao. 
Sebanyak 47,6% dari peserta makan coklat kurang dari sekali seminggu, 35,8% makan cokelat 1-6 kali per minggu, dan 16,6% dari kelompok makan cokelat setiap hari.
Enak Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung
Para peneliti menemukan bahwa terdapat 158 kejadian terkait aterosklerosis diantara mereka yang makan coklat hanya seminggu sekali. Ada 90 kejadian aterosklerotik di antara mereka yang makan cokelat 1-6 kali per minggu dan hanya 42 kejadian aterosklerotik antara mereka yang makan cokelat tujuh kali atau lebih per minggu.
Para peneliti juga melakukan analisis sekunder antara mereka yang makan coklat kurang dari sekali seminggu dan mereka yang makan cokelat 1-6 kali per minggu. Mereka melihat pada catatan rumah sakit dan menemukan bahwa rawat inap dan kematian yang berhubungan dengan aterosklerosis lebih rendah di antara mereka yang makan cokelat 1-6 kali per minggu. Kelompok ini memiliki tingkat yang lebih rendah dari penyakit jantung iskemik, gagal jantung, dan plak aterosklerotik juga lebih sedikit - penyumbatan oleh lemak yang mengurangi aliran darah.
Kakao yang ditemukan dalam coklat kaya akan flavonoid yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Meskipun para peneliti memperingatkan bahwa studi ini tidak mengevaluasi apakah ada hubungan sebab-akibat antara makan cokelat dan penyakit jantung, mereka menduga bahwa makan cokelat secara teratur dapat membantu mencegah kejadian penyakit aterosklerosis yang membutuhkan rawat inap. Peneliti juga mempertanyakan apakah coklat mungkin memiliki pengaruh yang lebih kuat pada penyakit jantung iskemik daripada penyakit serebrovaskular.
Ada beberapa jenis cokelat di pasar konsumen, salah satu bentuk yang paling populer di AS adalah coklat susu, yang mengandung sejumlah lemak tinggi. Temuan studi terbaru menambahkan semakin banyak penelitian yang menghubungkan makan coklat dalam jumlah moderat - terutama coklat dengan kakao tingkat tinggi - untuk memperbaiki kesehatan jantung. Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru dari Swedia menunjukkan bahwa makan cokelat mengurangi risiko gagal jantung pada wanita.

sumber :http://www.ahliwasir.com/

No comments:

Post a Comment