Monday 19 July 2010

Begitu mengagumkannya otak kita



Pernahkah anda berpikir tentang otak anda? Pernah anda bangga akan kerja otak anda? Atau malah sebaliknya? Siapa yang harus disalahkan, anda atau otak anda?
Sebaiknya sebelum menjawab pertanyaan diatas anda perlu mengetahui dulu otak anda. Baiklah mari kita belajar bersama-sama ( walaupun saya bukan seorang yang berbakat di bidang biologi)

Otak anda seperti Sleeping Giant dimana bila anda mampu untuk memberdayakan otak anda maka otak anda akan menjadi raksasa yang sangat hebat dan sangat berguna bagi kehidupan manusia atau malah mungkin merusak anda dan semua manusia, mana yang anda inginkan? Jawabannya pastilah yang pertama.

Otak anda dapat anda pegang hanya dengan 1 telapak tangan. Beratnya sekitar 1,5 kg. Otak anda memiliki sekitar 100 miliar sel saraf aktif atau neuron. Jumlahnya hampir sama dengan banyaknya bintang di galaksi bima sakti. Hebat bukan?

Ada 3 model mengenai otak, yakni:

> Pembagian otak menjadi 3 bagian (the triune brain), yang dikemukakan oleh Paul D. MacLean.
> Pembagian otak menjadi 2 belahan, oleh Roger Sperry.
> Pembagian otak menjadi 4 kuadran, oleh Ned Herrmann.

A. The Triune Brain
Bagian-bagiannya:
1. Otak reptil
Terletak pada dasar otak. Karena sama seperti otak yang dimiliki reptil maka disebut otak reptil.

Funsinya:
> Mengendalikan fungsi-fungsi motorik sensorik, yakni untuk mengetahui rangsangan yang berasal dari panca indera.
> Mempertahankan hidup secara naluriah, yang terfokus pada makan, tempat tinggal, perkembangbiakan, dan perlindungan diri.

2. Otak mamalia
Atau disebut sistem limbik terletak disekeliling otak reptil, berada di tengah otak anda. Karena dimiliki semua jenis mamalia makanya disebut otak mamalia.
Fungsinya:
> Sebagai tempat penyimpanan memori.
> Mengendalikan bioritme anda, seperti pola tidur, lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, gairah seksual, temperatur, kimia tubuh, metabolisme, dan kekebalan.
> Sebagai pusat perasaan dan emosi. Bagian otak ini dapat mengendalikan semua bagian tubuh. Karenanya, keadaan emosi anda sangat berpengaruh pada kesehatan anda.

3. Neokorteks
Terbungkus di sekitar atas dan sisi-sisi otak mamalia. Merupakan 80% dari seluruh materi otak. Terdiri atas neuron. Tugas neokorteks adalah berpikir, berbicara, melihat, dan mencipta. Bagian ini merupakan tempat kecerdasan anda serta bersemayam kecerdasan yang lebih tinggi yaitu intuisi. Intuisi adalah kemampuan menerima informasi yang tidak bisa diterima oleh panca indera anda.

B. Model 2 belahan
Bagian-bagiannya:
1) Otak kanan
2) Otak kiri
Kedua bagian tersebut merupakan bagian dari neokorteks, dan sistem limbik. Kedua bagian ini di hubungkan oleh corpus callosum. Otak belahan kiri mengendalikan anggota tubuh bagian kanan dan sebaliknya.

C. Model 4 kuadran
Model ini merupakan penggabungan anara model yang pertama dan kedua. Ia membangun model otak dengan struktur 2 belahan otak merupakan bagian dari sistem cerebral dan dua belahan otak yang lainnya merupakan bagian sistem limbik, fungsinya bisa anda lihat pada tabel di bawah

Bagian otak Fungsi

Bagian atas cerebral kiri Logika, analitis, dasar: fakta kuantitatif
Bagian sistem limbik kiri Pengaturan, interpersonal, urutan, perencanaan, detail
Bagian sistem limbik kanan Feeling, gerakan, emosional
Bagian atas cerebral kanan Holistik, intuitif, perpaduan, sintesis


o Kekuatan otak
Kekuatan otak tidak di tentukan oleh jumlah sel otak, tapi oleh jumlah hubungan yang ter jadi antar sel tersebut. Sel-sel otak membentuk koneksi dengan kecepatan 3 miliar per detik. Koneksi tersebut adalah kunci kekuatan otak.

Otak Memiliki Pusat-Pusat Kecerdasan
o Korteks prefrontal, bertugas memproses dalam berpikir
o Kortek motor, sebagai pengendali aktivitas
o Lobus temporal, merupakan pusat percakapan
o Lobus parietal, menangani kemampuan spasial
o Lobus okssipital, pusat pengelihatan
o Serebelum atau otak kecil, penyesuaian postur dan keseimbangan.
o Amigdala, hipocampus, dan caudate nucleus, sebagai penjaga gerbang yang bertugas menyebarkan pesan-pesan penting ke berbagai bagian otak.

Semua kecerdasan manusia ada di dalam neokorteks. Gardner telah menemukan berbagai kecerdasan khas, yakni kecerdasan linguistik, logis-matematis, visual-sapasial, kinetik, musikal, intrapersonal, interpersonal, natural, dan eksistensial.
Sumber : buku“Melejitkan potensi otak”

No comments:

Post a Comment